Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud sudah mempublikasikan Buku Pedoman Implementasi Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013
Muatan/mata pelajaran informatika perlu diberikan semenjak dini dan berkelanjutan serta terstruktur terhadap akseptor asuh dari jenjang Sekolah Dasar hingga SMA untuk siap menghadapi banyak sekali perubahan yang terjadi pada era ke-21 dan abad revolusi industri 4.0 yang tengah berlangsung pada dunia global tergolong di Indonesia saat ini.
Atas dasar itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan telah melaksanakan pengembangan kurikulum muatan/mata pelajaran informatika untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebagai muatan pembelajaran dan mata pelajaran pilihan.
Baca Juga : Juklak Pengelolaan NUPTK
Mapel informatika yang ditambahkan selaku bab dari kurikulum 2013 tersebut bukan memiliki arti bahwa mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK yang pernah ada sebelum Kurikulum 2013 dimunculkan kembali dengan sekedar pergeseran nama. Karena pada hakikatnya TIK cuma merupakan salah satu bagian dari informatika.
Informatika selaku disiplin ilmu muncul diiringi dengan kemajuan cepat TIK yang lebih berorientasi kepada penggunaan perangkat. Selain penguasaan penggunaan aplikasi dan perangkat TIK, muatan informatika mengasah kemampuan berpikir kritis dilandasi sains informatika.
Untuk mencari masalah kompleks dan melaksanakan proses rekayasa dan rancangan. Implementasi mapel informatika tidak meniadakan Bimbingan TIK, muatan yang dirancang pada bagian TIK mampu menjadi bagian dari Bimibingan TIK dengan pelengkap muatan Berpikir Komputasional, Aspek Sosial dan Analisis Data.
EmoticonEmoticon