Bapak ibu Guru mapel Pendidikan Kewarganegaraan pada artikel kali ini saya akan membagikan file perihal Silabus PKn Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi.
Silahkan baca di bawah ini.
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas : VII (tujuh)
Tahun Pelajaran :
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, bantu-membantu), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden terlihat mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah aktual (memakai, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan menciptakan) dan ranah absurd (menulis, membaca, menjumlah, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang serupa dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian |
Siswa bisa: 1.1 Bersyukur terhadap Tuhan YME atas semangat dan janji para pendiri Negara dalam merumuskan dan memutuskan Dasar Negara Pancasila 2.1 Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan berkomitmen selaku Warga Negara Indonesia seperti yang diteladankan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar Negara 3.1 Menganalisis proses perumusan dan penetapan Pancasila selaku dasar Negara 4.1 Menyaji hasil analisis proses perumusan dan penetapan Pancasila selaku dasar Negara | Mensyukuri Perumusan dasar Negara yang sukses dirumuskan oleh para pendiri negara dan disepakati mulai dari pidato Bung Karno, piagam Jakarta, hingga pada akreditasi 18 Agustus 1945 Menerima dengan sepenuh hati dan tanggungjawab hasil perumusan Pancasila selaku dasar Negara yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 sehingga bangsa Indonesia bisa seperti ini dan sampai ketika ini Bangsa Indonesia mempunyai dasar negara Pancasila Proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara: · Sejarah perumusan Pancasila · Pembentukan BPUPKI dan proposal dasar negara oleh tokoh perumus Pancasila · Penetapan Pancasila sebagai dasar negara · Komitmen kebangsaan para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila · Nilai semangat dan komitmen para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara | · Menganalisis nilai- nilai semangat toleransi dan saling menghormati para pendiri negara dalam merumuskan dan memutuskan dasar negara Pancasia · Menganalisis nilai- nilai kesepakatan (Menerima, mempertahankan, dan melakukan) hasil penetapan dasar negara Pancasia · Menyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan khidmat dan sarat syukur · Membentuk kelompok menjadi 5-6 kelompok · Membaca buku teks untuk kemudian memperhatikan Video/film/gambar wacana sidang BPUPKI dengan sarat rasa syukur pada Tuhan YME dan mencatat hal-hal yang penting dari isi vidio tersebut termasuk tokoh pengusul dasar negara dan Panitia Sembilan BPUPKI · Mengidentifikasi pertanyaan berhubungan dengan perumusan dan penetapan Pancasila serta sidang BPUPKI dengan penuh rasa tanggung jawab · Mencari gosip dari berbagai sumber (buku, Koran, internet dsb) perihal proses perumusan dan penetapan Pancasila selaku dasar Negara dan sidang BPUPKI dengan rasa ingin tahu dan penuh percaya diri · Mendiskusikan dalam kelompok perihal kekerabatan atas aneka macam isu berkaitan dengan perumusan dan penetapan Pancasila yang diperolehnya dengan kolaborasi dan penuh tanggung jawab · Menyimpulkan hasil diskusi dan mempresentasikan nya baik secara tertulis maupun ekspresi di depan kelas dengan rasa percaya diri · Mensimulasikan atau memamerkan hasil proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara | Observasi Jurnal Observasi Jurnal Kinerja Tes tertulis Penugasan Tes tulis uraian Unjuk kerja hasil diskusi Unjuk kerja hasil diskusi Produk Kinerja |
Siswa mampu: 1.2 Menghargai norma-norma keadilan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa 2.2 Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk merealisasikan keadilan 3.2 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk merealisasikan keadilan 4.2 Mengampanyekan sikap sesuai norma- norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan | Mensyukuri bangsa Indonesia selaku bangsa besar yang memiliki norma-norma dalam penduduk yang mesti ditaati oleh seluruh penduduk Indonesia diantaranya norma agama, kesusilaan, kesopananan, dan aturan Melaksanakan dan menerapkan norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat dengan tanggung jawab sehingga terwujud keadilan Norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat · Norma yang berlaku dalam penduduk · Arti penting norma dalam mewujudkan keadilan · Perilaku sesuai norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari | · Mengamati kegiatan masyarakat (berdasarkan norma agama, kesopanan, kesusilaan, aturan) di lingkungan sekolah bedasarkan Kelompok Asal (Model JigSaw) terkait dengan kehidupan sehari- hari dengan mengedepankan sikap saling menghormati dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas perbedaan yang ada · Mengidentifikasikan berbagai pertanyaan dari hasil pengamatannya ihwal norma-norma yang berlaku dalam acara masyarakat tersebut · Melakukan diskusi dengan kelompok asal tentang barbagai norma yang berlaku di penduduk dengan penuh tanggung jawab · Melakukan diskusi dengan kalangan mahir wacana banyak sekali norma yang ada di penduduk dengan sarat percaya diri · Menyimpulkan hasil diskusi dan mempresentasikannya di depan kelas dengan yakin diri dan kebersamaan kelompok asal · Memperagakan atau mensimulasikan perilaku yang tepat dengan norma dalam penduduk , acuan: Kelompok 1 norma agama Kelompok 2 norma hukum Kelompok 3 norma kesopanan Kelompok 4 norma kesusilaan | Observasi Jurnal Observasi Jurnal Unjuk kerja hasil diskusi Unjuk kerja hasil diskusi Produk Kinerja |
Siswa bisa: 1.3 Menghargai nilai kesejarahan perumusan dan pengesahan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 selaku bentuk sikap beriman 2.3 Mengembangkan sikap bertanggung jawab yang mendukung nilai kesejarahan perumusan dan pengakuan Undang- undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 3.3 Menganalisis kesejarahan perumusan dan legalisasi undang- undang dasar negara Republik Indonesia Tahun 1945 4.3 Menjelaskan proses kesejarahan perumusan dan legalisasi Undang- undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 | Mensyukuri dan besar hati mempunyai Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945 sebagai konstitusi dengan melakukan dan menaati Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 yang telah dirumuskan dan disahkan oleh para pendiri Negara Kesejarahan perumusan dan pengukuhan UUD negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Perumusan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Arti penting Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia bagi bangsa dan negara Indonesia · Peran Tokoh perumus UUD Negara Republik Indonesia Tahun1945 | · Membaca Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan naskah Proklamasi Kemerdekaan dengan cermat dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya kedua naskah tersebut bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia · Mengidentifikasi pertanyaan perihal sejarah peru-musan dan akreditasi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indo-nesia Tahun 1945 selaku wujud sikap menghormati · Menyusun pertanyaan yang terkait dengan sejarah perumusan dan legalisasi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dengan sarat tanggung jawab · Mengumpulkan aneka macam isu terkait dengan pertanyaan dari buku penunjang dan internet · Menghubungkan info yang diperoleh untuk menyimpulkan perihal sejarah perumusan dan pengukuhan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 · Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah tentang sejarah perumusan dan pengukuhan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 secara tertulis dengan gembira dan percaya diri · Mensimulasikan kepatuhan terhadap tata tertib atau perundang-seruan | Observasi Jurnal Observasi Jurnal Kinerja Penugasan Unjuk kerja hasil diskusi Produk Kinerja |
Siswa mampu: 1.4 Menghormati keberagaman norma- norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika selaku sesama ciptaan yang kuasa 2.4 Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika 3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolognan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika 4.4 Mendemonstrasikan hasil kenali suku, agama, ras dan antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika | Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia diantaranya keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan Saling menghormati perbedaan keberagaman yang ada di Indonesia dan itu ialah kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia Keberagaman penduduk Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika · Makna Bhinneka Tunggal Ika · Keberagaman dalam masyarakat Indonesia · Arti penting mengerti keberagaman dalam penduduk Indonesia · Perilaku toleran kepada keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan | · Mengamati gambar keragaman norma, suku, agama, ras, yang berlaku dalam masyarakat di sekitar tempat tinggal secara adil selaku sesama ciptaan Tuhan Yang Maha Esa · Mengidentifikasi pertanyaan berhubungan dengan keberagaman suku, agama, ras, antar golongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai wujud sikap toleransi · Mengumpulkan isu ihwal keberagaman suku, agama, ras, antar kelompok dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dengan sarat yakin diri · Menghubung dengan saling menghormati balasan dari sahabat golongan aneka macam informasi tentang arti penting dan perilaku toleran terhadap keberagaman penduduk Indonesia · Menyusun dan menyuguhkan laporan hasil pengamatan di depan kelas dengan sarat tanggung jawab ihwal keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan · Menerapkan saling menghormati dan bekerja sama terkait keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan | Observasi Jurnal Observasi Jurnal Penugasan Penugasan Produk Kinerja |
Siswa mampu: 1.5 Mensyukuri makna kerja sama dalam aneka macam bidang kehidupan di penduduk 2.5 Mendukung bentuk-bentuk kerja sama dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat 3.5 Menganalisis bentuk- bentuk kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat 4.5 Menunjukkan bentuk- bentuk kerja sama di pelbagai bidang kehidupan masyarakat | Mensyukuri bahwa insan merupakan makhluk ciptaan Tuhan YME yang paling tepat yang berisikan dua yaitu selaku makhluk langsung dan makhluk sosial Melaksanakan koordinasi dengan sesama manusia dalam aneka macam kehidupan Kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat · Makna kerja sama dalam hidup bermasyarakat · Pentingnya kerja sama · Bentuk-bentuk kerja sama dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat | · Mengamati tayangan video/gambar tentang kerja sama di aneka macam bidang kehidupan di penduduk yang tercipta atas dasar perilaku saling menghargai · Mengidentifikasi dan menyampaikan pertanyaan berhubungan dengan kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat dengan penuh tanggung jawab · Mencari isu dan mendiskusikan tanggapan atas pertanyaan-pertanyaan yang ada dengan kolaborasi kalangan · Menghubungkan banyak sekali isu yang diperoleh dan menyimpulkan kolaborasi dalam berbagai bidang kehidupan di masyarakat · Menyajikan hasil telaah kolaborasi dalam banyak sekali bidang kehidupan di masyarakat dengan rasa yakin diri · Melakukan gotong royong di sekolah | Observasi Jurnal Observasi Jurnal Penugasan Penugasan Unjuk kerja Kinerja |
Siswa bisa: 1.6 Menghargai karakteristik tempat kawasan tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia selaku anugerah Tuhan yang Maha Esa 2.6 Bersikap bersemangat kepada persatuan dan kesatuan dengan memikirkan karakteristik daerah daerah tinggalnya 3.6 Mengasosiasikan karakteristik kawasan dalam kerangka negara kesatuan republik indonesia 4.6 Melaksanakan penelitian sederhana untuk mengilustrasikan karakteristik kawasan tempat tinggalnya sebagai bab utuh dari Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan desain yang telah dibuat | Mensyukuri bangsa Indonesia jadinya menjadi Negara yang merdeka melalui perjuangan yang panjang dan hebat Ikut serta mempertahankan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar di mana kita berada Karakteristik kawasan daerah tinggal dalam kerangka NKRI · Makna Persatuan dan Kesatuan · Arti penting Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya · Mempertahankan persatuan dan kesatuan Indoneia | · Mengamati gambar tentang Peta Indonesia dan sebaran budayanya selaku wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa · Mengidentifikasi pertanyaan ihwal karakteristik kawasan daerah tinggal dalam kerangka NKRI dengan penuh rasa ingin tahu · Mencari berita untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun dengan kolaborasi golongan · Menghubungkan info yang diperoleh dari beberapa sobat golongan dengan sikap saling menghargai untuk menyimpulkan karakteristik tempat kawasan tinggal dalam kerangka NKRI · Menyusun laporan dan menyajikan hasil telaah ihwal karakteristik kawasan tempat tinggal dalam kerangka NKRI dengan percaya diri dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa · Mensimulasikan menghormati adab, kebiasaan penduduk yang berlainan | Observasi Jurnal Observasi Jurnal Penugasan Penugasan Unjuk kerja Unjuk kerja |
Mengetahui Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Alian Dra. MURILAH, S.Pd NIP. 19640807 198803 2 008 | | Alian, Juli 2018 Guru Mata Pelajaran Ngusman, S.Pd NIP. 19721020 199903 1 011 |
EmoticonEmoticon