Kamis, 04 Juni 2020

Membuat Kompetisi Antar Blog Milik Sendiri

Membuat kompetisi antar blog milik sendiri itu tujuannya bagaimana? Barangkali pertanyaan itu sekilas terbesit di benak kamu. Jika pun paham, tentu akan memvonis itu akan merugikan salah satu blog.


Ngeblog (mengurus blog) serius harus mempunyai taktik. Mulai dari membuat postingan cantik, tampilan blog yang ciamik hingga belajar SEO biar blog mampu berkompetisi di situs mesin telusur.


Saya pun punya seni manajemen dengan mencontoh salah satu seni manajemen dalam bisnis yakni menciptakan beberapa produk meskipun produk tersebut relatif sama (saya nggak tahu istilahnya, jika ada, sebab aku bukan ekonom).


Contoh konkret. Jika kita mau berpikir, mengapa perusahaan rokok membuat macam-macam merek (bukan jenis)? Misalkan Gudang Garam ada GG Surya, GG Internasional, Signature, promild, dll. Seperti juga indofood yang punya indomie, sarimie, supermie, atau Unilever dengan shampo clear, sunsilk, dove, lifeboy?


Mengapa mereka nggak buat satu merek saja? Kenapa harus bersaing? Toh sama-sama rokok, mie instan atau shampo. Tentu ada argumentasi tertentu. Salah satu argumentasi pangsa pasar yang berbeda. Tapi saya nggak membicarakan itu lebih lanjut.


Mengapa kita tidak mencoba pada blog? Artinya, kita menciptakan blog banyak dan biarkan blog-blog tersebut bersaing untuk mendapatkan hadirin sesuai pangsa-nya.


Namun, yang perlu diperhatikan dalam dunia blog ialah duplikat konten. Meskipun pada dasarnya Google tidak menghukum (deindex) namun bisa saja konten yang sama persis akan ditenggelamkan di SERP.


Oleh karena itu, masing-masing konten mesti punya ciri khas tersendiri walaupun topiknya sama. Buat kalimat yang berlainan, misalkan yang satu serius, blog satunya santai, blog yang lain pakai bahasa alay, dll. Yang terpenting tidak sama persis. Seperti pola produk di atas.


Tentu saja ini cukup berat alasannya mesti membuat postingan yang berbeda dengan topik yang serupa. Di sinilah inovatif menulis diperlukan. Makara bukan postingan yang serupa untuk beberapa blog.


Yang perlu diketahui juga, walaupun berkompetisi namun mereka mampu saling mendukung bahkan menjadi backlink alami. Tapi awas, perlu seni manajemen juga. Publikasi postingan jangan bersamaan, harus dibuat jeda waktu minimal satu bulan.


Jika blog tersebut dikelola dengan serius, tidak tidak mungkin masing-masing blog dapat bersanding di SERP. Sebagai pola tiga blog yang saya miliki bisa berada di halaman satu dengan keyword penelusuran yang serupa (kotak merah).


Persaingan Antar Blog Milik Sendiri


Jika terjadi seperti di atas, berdasarkan tingkah laku para pencari di internet, lazimnya mereka akan membuka beberapa hasil. Dengan demikian, kemungkinan besar masing-masing blog milik kita akan dikunjungi.


Jika mau memperhatikan, banyak blogger yang mempunyai beberapa blog dengan postingan yang mirip tetapi menggunakan domain yang berlainan. Dan acap kali semua bisa berada pada halaman yang sama di SERP.


Bagaimana, mau menjajal ?


 


Membuat Persaingan Antar Blog Milik Sendiri



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon