Selasa, 09 Juni 2020

Riwayat Kemajuan Algoritma Google

Algoritma Google yakni tata cara kompleks yang dipakai untuk mengambil data dari indeks pencarian dan secara instan menawarkan hasil yang terbaik menurut kueri atau keyword (keyword) yang diminta pengguna. Mesin pencari menggunakan variasi algoritma dan banyak sinyal untuk memperlihatkan peringkat halaman web peringkat berdasarkan relevansi pada halaman hasil mesin telusur (SERPs).


Pada tahun-tahun awal, Google cuma menciptakan sedikit pembaruan pada algoritmanya. Namun, Google mengeluarkan algoritma utama yang secara signifikan mempunyai pengaruh pada hasil pencarian SERPs mirip: Panda, Penguin. Hummingbird, Pigeon, Fred, Mobilegeddon, RankBrain, Payday, EMD (Exact Match Domain), Page Layout Algorithm, Intrusive Interstitials Update.


Meskipun kini Google telah membuat ribuan pergeseran setiap tahun, akan tetapi sebagian besar pembaruan itu ialah pembaruan untuk algoritma utama (bukan bentuk algoritma baru) yang sangat kecil sehingga tidak banyak yang memperhatikan.


Riwayat Algoritme Google


 


Riwayat Algoritma Google


Untuk menyebarkan misi awal Google yaitu untuk menertibkan berita dunia dan menjadikannya dapat diakses dan berfaedah secara universal, Google terus berupaya menyempurnakan mesin pencarinya dengan pembaruan algoritma-algoritma penelusuran Google.


2000



  • 9 Mei. Google menyertakan sepuluh bahasa gres: Prancis, Jerman, Italia, Swedia, Finlandia, Spanyol, Portugis, Belanda, Norwegia dan Denmark .

  • 12 September. Google meluncurkan layanan pencarian dalam bahasa Jepang, Cina, dan Korea .

  • Oktober. Iklan Google AdWords diluncurkan dengan 350 pelanggan awal.

  • Bilah Alat Google dilepaskan, memungkinkan orang untuk mencari tanpa mengunjungi beranda Google, dan juga menunjukkan lebih banyak info ihwal laman web yang mereka kunjungi. Beberapa komentator beropini bahwa ini menandai permulaan dari meningkatkan secara optimal mesin penelusuran dan terjadinya Google Dance.


2001



  • Juli. Google meluncurkan Google Image Search dengan lebih dari 250 juta gambar dalam database pencariannya.

  • Desember. Ulasan Google merilis Google Zeitgeist tahunan pertamanya .

  • September. Google Berita diluncurkan.

  • Google menciptakan pembaruan publik pertama yang diumumkan ke algoritme penelusurannya. Sejumlah komentator Internet menyaksikan ini selaku akhir hayat PageRank (nama untuk tata cara Google untuk peringkat halaman) dan penurunan signifikan dalam kualitas hasil penelusuran Google.


2003



  • Februari. Google menginformasikan pembaruan Boston di SES Boston.

  • April. Google memberitahukan pembaruan Cassandra. Pembaruan mengklaim untuk menindak spam tautan, termasuk tautan timbal balik antara situs milik bareng , serta teks tersembunyi dan tautan tersembunyi.

  • [Belum dikonfirmasi ]. Google memberitahukan pembaruan Dominic . Komentator yakin bahwa pembaruan memengaruhi cara backlink dihitung, dan banyak webmaster melaporkan bot baru dari Google yang terpental.

  • Juni. Google mengumumkan apa yang nantinya akan menjadi yang terakhir dari pembaruan bulanan rutinnya. Pembaruan ini disebut pembaruan Esmeralda .

  • Juli. Google mengumumkan pembaruan Fritz , dan juga perubahan ke kebijakan pembaruannya, sebab ini bergerak menuju pemrosesan pembaruan yang berkesinambungan dibandingkan dengan pemrosesan batch.

  • September. Google memberitahukan “indeks aksesori” supaya mampu mengindeks beberapa bagian web lebih singkat.

  • November. Google menginformasikan pembaruan di Florida, yang dianggap oleh para komentator sebagai pergeseran permainan alasannya adalah itu sungguh-sungguh merusak strategi SEO tahun 1990-an dan mengantar kurun baru dari pengoptimalan mesin penelusuran.

  • Desember. Google meluncurkan Google Print, yang nantinya akan menjadi Google Books .


2004



  • Januari. Google memberitahukan pembaruan Austin, untuk melanjutkan taktik SEO yang sudah menciptakan pertumbuhan yang bagus di Florida .

  • 17-20 Februari. Google menginformasikan pembaruan Brandy, ekspansi indeks besar-besaran, Latent Semantic Indexing (LSI), meningkatkan perhatian pada relevansi teks tautan, dan rancangan tautan “lingkungan.”

  • Oktober. Google meluncurkan Google Scholar , layanan pencariannya untuk publikasi akademis.

  • Google Suggest diperkenalkan sebagai fitur Google Labs .

  • Januari. Untuk memerangi spam tautan, Google, Yahoo! dan Microsoft secara kolektif memperkenalkan atribut nofollow .


2005



  • 2 Februari. Google memberitahukan pembaruan Allegra, yang efeknya tidak terperinci.

  • [Belum dikonfirmasi ]. Google menginformasikan pembaruan Bourbon.

  • Alat webmaster Google mengizinkan webmaster untuk mengirimkan peta situs XML lewat Alat Webmaster.

  • Juni. Google meluncurkan pencarian yang dipersonalisasi yang secara otomatis menjamah sejarah web pengguna.

  • Juni. Google meluncurkan Pencarian Web Seluler Google.

  • Meskipun Google menyangkal menjalankan pembaruan, Matt Cutts menerangkan bahwa PageRank sudah di-refresh untuk beberapa halaman baru-gres ini (dengan siklus penyegaran tiga bulan) yang mengakibatkan perubahan pada banyak peringkat situs. Pengamat menyebutnya pembaruan Gilligan .

  • September – November. Google menginformasikan dan meluncurkan pembaruan Jagger dalam tiga tahap, satu pada bulan September, satu pada bulan Oktober, satu pada bulan November.

  • Desember (peluncuran berlanjut sampai Maret 2006). Google mulai meluncurkan pembaruan Big Daddy , berlanjut untuk beberapa bulan ke depan hingga Maret 2006. Pembaruan mengubah kanonisasi URL, pengalihan situs, dan item terkait.

  • [Belum dikonfirmasi] UlasanGoogle merilis Google Trends untuk membuat lebih mudah memvisualisasikan popularitas pencarian dari waktu ke waktu.


2007



  • 16 Mei. Google meluncurkan Pencarian Universal, mengintegrasikan hasil pencarian tradisional dengan hasil dari Google News , Google Image Search , Google Video Search, dan vertikal yang lain. Ini diyakini menjadi tonggak utama dalam Google search.

  • Juni. The Buffy pembaruan terjadi. Ini tidak dianggap sebagai pembaruan yang disengaja, namun lebih merupakan akumulasi dari banyak pergantian yang lebih kecil.


2008



  • Maret – April. The Dewey pembaruan tampaknya menyeret skala besar hasil. Beberapa pengamat percaya bahwa Google mendorong propertinya sendiri, seperti Google Buku, namun bukti ini minim.

  • 25 Agustus. Google Suggest (yang disebut Autocomplete), mulanya diluncurkan selaku fitur Labs pada bulan Desember 2004, sekarang menjadi bagian dari situs utama Google.


2009



  • Februari. The Vince pembaruan terjadi. Matt Cutts menyebutnya sebagai perubahan kecil, namun beberapa komentator SEO menganggapnya penting.

  • Februari. Alat webmaster Google, Microsoft dan Yahoo! umumkan derma bersama untuk tag yang menolong bot mengidentifikasi versi kanonis laman web tanpa memengaruhi pengunjung manusia.

  • 10 Agustus (diumumkan), peluncuran tamat dan disiarkan eksklusif 8 Juni 2010 . Dinamakan Kafein , pembaruan ini diumumkan pada 10 Agustus 2009. Ini prospektif perayapan yang lebih singkat, ekspansi indeks, dan integrasi indeks dan peringkat yang mendekati waktu positif. Peluncuran dilakukan secara pribadi pada 8 Juni 2010.

  • 26 Oktober. Google memperkenalkan Penelusuran Sosial sebagai fitur Google Labs. Fitur ini diperluas lebih lanjut pada simpulan Januari 2010.

  • 7 Desember. Kategori penelusuran Google meluncurkan pencarian real-time untuk umpan Twitter real-time, Google News , dan konten baru yang lain yang diindeks.


2010



  • Akhir April, awal Mei. Pembaruan, bernama May Day , ialah perubahan algoritma yang mempengaruhi long tail.

  • 8 September. Google meluncurkan Google Instan yang dideskripsikan sebagai fitur penelusuran. Sebelum pengguna mengetik, Google memprediksi seluruh ajakan pencarian pengguna (menggunakan teknologi yang sama mirip di Google Suggest, yang belakangan disebut fitur pelengkapan otomatis) dan secara instan menunjukkan hasil untuk prediksi teratas. Google mengklaim bahwa ini diperkirakan meminimalkan 2-5 detik per permintaan penelusuran. SEO komentator awalnya percaya bahwa ini akan memiliki imbas besar pada pengoptimalan mesin telusur, namun secepatnya merevisi turun perkiraan mereka wacana dampaknya.

  • 9 November. Google meluncurkan Tampilan Instan, fitur daerah pengguna mampu menyaksikan pratinjau dari halaman yang diurutkan dengan mengarahkan kursor ke tautan di halaman hasil mesin pencari .

  • 1 Desember. Google memperbarui algoritmanya untuk menghukum website yang menunjukkan pengalaman buruk terhadap pengguna. Pembaruan ini didorong oleh 26 November New York Times dongeng ihwal sebuah perusahaan penipuan berjulukan DecorMyEyes yang menggunakan publisitas yang dihasilkan oleh ulasan pelanggan negatif untuk naik dalam peringkat mesin telusur.

  • Desember. Pembaruan algoritma penelusuran (pengumuman / konfirmasi) Baik Google dan Microsoft Bing mengindikasikan bahwa mereka menggunakan sinyal sosial, tergolong sinyal dari Twitter dan Facebook , untuk memilih peringkat hasil pencarian


2011



  • 28 Januari. Google meluncurkan algoritme Pengaitannya mengubah menjadi website yang lebih baik yang mengikis konten. Matt Cutts mengklaim bahwa sedikit lebih dari 2% kueri pencarian terpengaruh, namun kurang dari 0,5% hasil berubah secara mencolok.

  • 23-24 Februari. Google meluncurkan Google Panda , pembaruan besar yang memengaruhi 12% undangan penelusuran. Pembaruan berlanjut dengan pekerjaan sebelumnya adalah menindak spam, peternakan konten, pencakar , dan situs web dengan rasio iklan-ke-konten tinggi. Peluncuran sedikit demi sedikit selama beberapa bulan, dan Panda akan melihat banyak pembaruan lebih lanjut. Januari Februari . Bayangkan Google Panda , Google menghukum Overstock.com dan JCPenney untuk penggunaan taktik SEO.

  • 30 Maret. Penggabungan umpan balik pengguna Google dengan meluncurkan tombol +1 sehingga pengguna dapat memberikan umpan balik pada hasil pencarian. Komentator mempersamakan ini dengan tombol seperti yang tampakdi Facebook .

  • 11 April . Google meluncurkan Panda untuk semua seruan bahasa Inggris di seluruh dunia (tidak terbatas pada negara-negara berbahasa Inggris) dan mengintegrasikan sinyal baru ke dalam algoritma peringkatnya.

  • 9 Mei . Google meluncurkan pembaruan kecil lebih lanjut ke Panda tetapi tidak membahasnya secara detail, mengatakan mereka lebih mirip Panda 2.1 daripada Panda 3.0.

  • 2 Juni Alat webmaster Google , Yahoo! , dan Microsoft menginformasikan Schema.org, inisiatif bersama yang mendukung bermacam-macam tag yang lebih kaya yang dapat dipakai website untuk memberikan isu yang lebih baik.

  • 21 Juni. Google meluncurkan Panda 2.2.

  • 23 Juli. Google meluncurkan Panda 2.3.

  • 12 Agustus. Google meluncurkan Panda 2.4, menciptakan Panda tersedia dalam semua bahasa di seluruh dunia, kecuali China , Jepang , dan Korea .

  • 16 Agustus. Google meluncurkan tautan situs yang diperluas, dimulai dengan tautan 12-pak (namun lalu dikurangi menjadi 6-pak).

  • 15 September. Alat webmaster Google meluncurkan bagian paginasi untuk website untuk berkomunikasi dengan Google bahwa banyak sekali halaman web yakni halaman berlawanan dari artikel yang serupa.

  • 30 September. Google meluncurkan Panda 2.5. Meskipun spesifikasi pembaruan tidak terperinci, beberapa situs mendapatkan secara signifikan dan beberapa yang lain kehilangan secara signifikan. Pembaruan fluks minor lainnya terjadi pada 3 Oktober, 5 Oktober, dan 13 Oktober, dan beberapa komentator menyebut Panda 3.0 dan 3.1 ini.

  • 18 Oktober. Data SEO Google memberitahukan bahwa mereka akan mulai mengenkripsi semua usul penelusuran untuk tujuan keamanan. Ini mengusik data acuan kata kunci organik untuk banyak website, menciptakan pengoptimalan mesin penelusuran lebih sukar.

  • 3 November. Google mengumumkan pembaruan Kesegaran yang akan memprioritaskan hasil penelusuran yang lebih gres dan lebih gres, dan klaim ini dapat memengaruhi 35% kueri pencarian. [103] [104] [105] Algoritme sebagian besar menghipnotis kueri peka waktu. Sejumlah situs menerima dan banyak yang lain kehilangan selaku hasil dari pembaruan.

  • 14 November. Google mengumumkan 10 paket pembaruan, dan menyampaikan bahwa ini memulai serangkaian pengumuman bulanan paket pembaruan.

  • 18 November. Google merilis pembaruan Panda kecil yang disangka , yang dikomentari oleh komentator SEO sebagai Panda 3.1, meskipun tidak ada pembaruan lazim yang disetujui bernama Panda 3.0.

  • Desember 2011-Januari 2012 (diumumkan 5 Januari) Pembaruan algoritma pencarian, .Paket pembaruan 30 perubahan, termasuk pendeteksian kualitas halaman pendaratan, tautan situs yang lebih berkaitan, cuplikan kaya, dan peningkatan kueri terkait.


2012



  • 10 Januari. Pembaruan algoritma pencarian. Google meluncurkan Search Plus Your World , integrasi mendalam dari data sosial seseorang ke dalam penelusuran. Komentator SEO sungguh kritis tentang bagaimana hasil pencarian mendukung Google+ dan mendorongnya ke pengguna, dibandingkan dengan jejaring sosial yang lebih banyak dipakai seperti Facebook dan Twitter .

  • 19 Januari. Google memperbarui algoritme untuk memperkenalkan penalti untuk website dengan terlalu banyak iklan “paro atas”. Pembaruan tidak mempunyai nama, tetapi beberapa SEO memakai “Top Heavy” untuk menerangkan pembaruan.

  • 27 Februari. Pembaruan, nama instruksi Venesia, diumumkan sebagai bagian dari pembaruan 40-paket akhir Februari Google. Venesia sepertinya menawarkan kenaikan bobot yang signifikan terhadap hasil setempat (lokasi yang disimpulkan dari IP pengguna dan sinyal yang lain) untuk banyak pertanyaan penelusuran, mirip mereka yang mencari bisnis dari banyak sekali jenis di sekitarnya. Pada tanggal yang serupa, Google meluncurkan Panda 3.3, yang ditagih sebagai penyegaran data alih-alih pergeseran algoritme

  • 23 Maret. Google meluncurkan Panda 3.4, yang di klaim memengaruhi 1,6% undangan penelusuran.

  • 19 April. Google membisu-membisu meluncurkan Panda 3.5

  • 27 April. Panda 3.6 dengan dampak minimal.

  • 24 April. Google meluncurkan “pembaruan Webspam” yang mau secepatnya dikenal sebagai Google Penguin .

  • 16 Mei. Google mulai meluncurkan Grafik Pengetahuan , yang dipakai oleh Google secara internal untuk menyimpan korelasi semantik antar objek. Google kini mulai memperlihatkan info pemanis wacana objek yang terkait dengan undangan pencarian di samping.

  • 25 Mei. Google meluncurkan pembaruan Google Penguin , yang disebut Penguin 1.1 dan Penguin 2.

  • Juni – September. Google meluncurkan pembaruan ke Google Panda : 3.7 (8 Juni), 3.8 (25 Juni), 3.9 (24 Juli), 3.9.1 (20 Agustus) dan 3.9.2 (18 September).

  • 10 Agustus. Google memberitahukan akan mulai menghukum website dengan pelanggaran hak cipta berulang, kemungkinan yang diukur dengan ajakan pembatalan DMCA . Beberapa komentator SEO menyebutnya pembaruan Pembajakan

  • 27 September. Google meluncurkan pembaruan besar untuk Google Panda (pembaruannya yaitu untuk algoritme yang mendasarinya, bukan sekadar penyegaran data), yang mau dijuluki Panda 4.0, tetapi komentator SEO memutuskan untuk menyebutnya Panda # 20. Perubahan ini diperkirakan telah mensugesti 2,4% usul penelusuran.

  • 27 September. Google memberitahukan pergantian dalam cara menanggulangi Domain Pencocokan Tepat. Perubahan ini diperkirakan sudah menghipnotis 0,6% dari permintaan penelusuran.

  • 5 Oktober. Google merilis tweak kecil ke Penguin, yang memengaruhi sekitar 0,3% undangan pencarian. Komentator SEO menyebutnya Penguin # 3, mengikuti jejak Panda dalam membolos penggunaan notasi 1.x mendukung pelabelan pembaruan dengan nomor.

  • November 2012-Januari 2013. Google merilis pembaruan ke Google Panda : # 21 (5 November, memengaruhi 1,1% kueri), # 22 (21 November, hanya penyegaran data), # 23 (21 Desember, cuma penyegaran data, mempengaruhi 1,3% kueri), dan # 24 (22 Januari, mempengaruhi 1,2% dari pertanyaan).

  • 4 Desember. Google menyertakan Grafik Pengetahuan ke kueri non-Inggris, dan mengatakan bahwa pergeseran tersebut melebihi terjemahan dan juga menambahkan kapabilitas Grafik Pengetahuan yang disempurnakan.


2013



  • 13-14 Maret. Google meluncurkan Panda # 25. Catatan Matt Cutts di SMX West memberi kesan kepada orang-orang bahwa ini ialah pembaruan terakhir untuk Panda selaku entitas yang berlainan dan lalu akan diintegrasikan ke dalam algoritma inti. Pada tanggal 11 Juni 2013, Cutts menjelaskan bahwa pembaruan Panda diluncurkan selama abad 10 hari setiap bulan dan tidak berlanjut.

  • 22 Mei. Google meluncurkan versi gres Google Penguin yang disebut Penguin 2.0, yang komentator SEO sebut Penguin # 4.

  • 6 Agustus. Google menambahkan fitur baru yang disebut “artikel mendalam” dalam hasil pencariannya untuk memperlihatkan konten berformat panjang dari nilai tahan lama.

  • 21-22 Agustus (tanggal asumsi untuk peluncuran), 26 September (pengumuman). Google merilis Google Hummingbird, pembaruan algoritme inti yang memungkinkan pencarian semantik lebih banyak dan penggunaan Grafik Pengetahuan yang lebih efektif di kala mendatang.

  • 4 Oktober . Google menginformasikan apa yang disebut Penguin 2.1, model Penguin kelima, yang mengklaim memengaruhi 1% pencarian. Efeknya terlihat kecil.


2014



  • 16 Mei. Perubahan pembayaran Payday Loans 2.0 ialah link eksternal berkualitas rendah yang terkait dan over-optimasi. Ini secara khusus berlangsung setelah pencarian tinggi, pertanyaan-pertanyaan spam seperti “Pinjaman Payday”. Google mencoba mendevaluasi situs yang melaksanakan pembelian tautan dan metode topi hitam yang lain untuk game algoritma.

  • 20 Mei. Panda 4.0 diterapkan untuk mendevaluasi situs-situs yang mengandung konten bermutu jelek / rendah. Ini yaitu peperangan berkelanjutan yang telah dijalankan Google selama beberapa tahun. Google sudah mengklaim bahwa pergantian algoritme telah berefek sekitar 7,5% dari semua permintaan pencarian.

  • 24 Juli. Google mengumumkan peluncuran Google Pigeon, pembaruan besar untuk algoritme penelusurannya untuk penelusuran “lokal” seperti pencarian terkait peristiwa atau bisnis di akrab salah satunya. Pembaruan merpati memberikan bobot lebih banyak ke aneka macam sinyal penelusuran untuk memperlihatkan hasil lokal yang lebih berkaitan.

  • 6 Agustus. Google menginformasikan hasil pencarian akan memperlihatkan preferensi ke situs memakai enkripsi HTTP Secure dan SSL . Sinyal peringkat suplemen ini akan menjadi dorongan peringkat “ringan”.

  • 28 Agustus. Google Authorship dihapus sepenuhnya dari hasil pencarian, karena sudah pada Desember 2013 itu mengurangi jumlah gambar yang ditampilkan dalam SERP. Sekarang benar-benar hilang ke kepunahan alasannya adalah tingkat adaptasi yang lebih rendah oleh penulis, untuk menghemat bandwidth seluler dan untuk meningkatkan ..

  • 23 September (peluncuran dimulai), 25 September (pengumuman). Google mengumumkan bahwa pembaruan signifikan ke Google Panda akan diluncurkan dalam beberapa ahad ke depan. Pembaruan ini disebut Panda 4.1. Analisis mengungkapkan bahwa pembaruan itu sungguh berat dalam menyerang pemasaran afiliasi, penjejalan keyword , peringatan keamanan, dan penipuan.

  • 17 Oktober. Penguin 3.0 diimplementasikan selaku penyegaran untuk menganalisa ulang situs yang diturunkan dalam pembaruan terakhir karena taktik webspam dan mendemosikan situs menggunakan strategi SEO topi hitam . Penyegaran ini diluncurkan secara global selama beberapa minggu yang memiliki dampak sekitar 1% dari permintaan berbahasa Inggris.

  • 21 Oktober. Pembaruan bajak laut 2.0 dijuluki oleh komentator SEO setelah pembaruan serupa pada tahun 2012 yang menghukum situs yang dianggap sebagai pelanggar aturan hak cipta. Penyegaran ini menargetkan sejumlah kecil situs yang dikenali menyebabkan penurunan dramatis dalam peringkat. Bersamaan dengan ini, Google memperkenalkan Format Iklan gres untuk kueri di mana orang-orang mungkin mencari media yang dilindungi hak cipta, yang mewajibkan penerbit untuk membeli iklan untuk mempromosikan konten asli di atas salinan yang tidak sah.

  • 10 Desember. Google memberitahukan bahwa Google Penguin akan beralih ke pembaruan berkesinambungan, juga dikenal sebagai “Penguin Everflux”.

  • 22 Desember . Google Pigeon, pembaruan algoritme penelusuran setempat, diluncurkan ke Inggris , Kanada , dan Australia .


2015



  • 4 Februari. Banyak sumber independen melaporkan fluktuasi yang signifikan dalam hasil Google Penelusuran, namun Google tidak secara resmi mengkonfirmasi perubahan apa pun.

  • 21 April (diumumkan 26 Februari) . Pembaruan algoritme penelusuran (kegunaan seluler). Pada 19 Januari 2015, Google mengantaremail ke webmaster ihwal dilema kegunaan seluler di website, mengarahkan orang-orang untuk berspekulasi bahwa pembaruan penggunaan seluler utama untuk peringkat pencarian sedang berlangsung. Pada tanggal 26 Februari 2015, Google menginformasikan bahwa penurunan model situs yang tidak ramah seluler untuk pencarian di perangkat seluler akan dimulai pada 21 April 2015.

  • 3 Mei. Google mengatakan sudah membuat pergantian algoritma inti yang berpengaruh pada “sinyal mutu”. Sebelum pengumuman resmi, komentator telah menjuluki perubahan sebagai “Phantom 2”.

  • 17 Juli. Google memberitahukan pembaruan ke Google Panda , dijuluki sebagai Panda 4.2 oleh komentator. Google mengatakan bahwa pergantian memengaruhi antara 2% hingga 3% dari undangan penelusuran. Komentator mesin telusur tidak menyaksikan adanya pergeseran tajam pada kemudian lintas pencarian, dan berharap pergeseran akan digulirkan secara bertahap. Pada bulan September, terlihat bahwa banyak website yang telah menyaksikan keuntungan sebab Panda 4.2 menyaksikan keuntungan tersebut berbalik.

  • 26 Oktober. Pembaruan algoritma pencarian (pengumuman / konfirmasi) Google menginformasikan bahwa RankBrain , mesin berbasis pembelajaran mesin (memakai jaringan syaraf ), telah menjadi faktor ketiga yang paling besar lengan berkuasa dalam peringkat pencariannya selama beberapa bulan terakhir. Tanggal peluncuran bergotong-royong tidak dikonfirmasi, namun komentator menyematkan waktu peluncuran ke Musim Semi 2015. Hal ini paling berguna untuk kueri penelusuran gres, yang mencakup sekitar 15% seruan penelusuran.


2016



  • 3 Februari. Amit Singhal mundur dari jabatannya sebagai Wapres Pencarian di Google sesudah 15 tahun dalam tugas itu. Ia digantikan oleh John Giannandrea yang melakukan pekerjaan di bidang kecerdasan bikinan di Alphabet, perusahaan induk Google.

  • 18 dan 23 Februari. Iklan Google menciptakan pergeseran ke Google AdWords , meniadakan iklan kolom kanan dan meluncurkan blokir 4-iklan teratas pada pencarian dengan tujuan komersial. Perubahan ini mempunyai implikasi pada RKPT penelusuran organik untuk pencarian semacam itu, karena mendorong hasil penelusuran organik lebih jauh ke bawah halaman, berpotensi meminimalkan RKPT pencarian organik. Hingga tiga iklan pemanis mampu ditampilkan di bawah 10 hasil pencarian organik, dan iklan suplemen dapat ditampilkan pada halaman kedua.

  • 12 Mei (diumumkan 16 Maret). Pembaruan algoritme pencarian (kegunaan seluler) Google meluncurkan dorongan sinyal peringkat untuk memanfaatkan website yang mobile-friendly di perangkat seluler. Ini yaitu pembaruan kedua dari jenis ini, dengan pembaruan sebelumnya pada April 2015.

  • 27 September (Diumumkan 23 September). Penguin 4.0 Setelah nyaris dua tahun menanti, Google kesudahannya menginformasikan pembaruan Penguin besar. Mereka menyarankan Penguin baru sekarang real-time dan dipanggang ke dalam algoritma “inti”. Peluncuran algoritme Penguin baru yang “lebih lembut”, yang meminimalkan nilai tautan buruk alih-alih menghukum situs.


2017



  • 10 Januari. Intrusive Interstitial Penalty Google mulai mengeluarkan penalti untuk menghukum interstitial bernafsu dan sembulan (pop-up) yang dapat merusak tampilan pada seluler.

  • 1 Februari. Pembaruan Google yang kecil dan belum dikonfirmasi. Meskipun semua info perihal pembaruan ini lebih spekulasi dibandingkan dengan fakta, tampaknya menargetkan jaringan blog langsung atau mereka yang melakukan pengerjaan tautan spam.

  • 7 Februari. Pembaruan utama yang belum dikonfirmasi ini menghasilkan pergeseran peringkat besar di SERP Google, yang juga memiliki arti kenaikan atau penurunan besar untuk beberapa situs web. Secara keseluruhan, tampaknya situs web bermutu tinggi dan lebih berkaitan mendapatkan visibilitas paling tinggi.

  • 7 Maret. Algoritma Google Fred diluncurkan. Awalnya Gary Illyes bercanda menyebut pembaruan ini sebagai “Fred” namun nama itu kesannya melekat. Pembaruan algoritma utama ini tampaknya utamanya menargetkan konten bernilai rendah. Pada tanggal 24 Maret, Illyes secara resmi mengkonfirmasi pembaruan. Namun Google menolak untuk membagikan lebih banyak rincian, alih-alih memilih untuk menyampaikan bahwa semua balasan perihal Fred dapat didapatkan di Pedoman Mutu Webmaster Google.

  • 17 Mei. Pembaruan Kualitas Mulai 17 Mei dan berjalan selama sekitar satu ahad, alat pelacak SEO melaporkan banyak volatilitas SERP. Meskipun dampaknya terlihat terbatas, situs-situs yang terpengaruh oleh pembaruan ini cenderung memiliki masalah dengan iklan agresif / mendustai, persoalan UX, dan konten singkat / bermutu rendah.

  • 25 Juni. Berbagai alat pelacak SEO mendeteksi pembaruan Google yang signifikan, meskipun belum dikonfirmasi, pada tanggal ini. Satu analisis mendapatkan bahwa pembaruan ini menimbulkan fluktuasi terbesar untuk peringkat halaman di Posisi 6-10.

  • 9 Juli. Alat peringkat SEO mendeteksi beberapa volatilitas kecil pada 9 Juli, kemungkinan pembaruan mutu Google (belum dikonfirmasi) yang lain.

  • 19 Agustus. Webmaster dan alat peringkat SEO mendeteksi beberapa volatilitas kecil dengan gejala yang memberikan ini mungkin merupakan pembaruan kualitas Google (belum dikonfirmasi) yang lain.

  • 8 September 2017. (belum dikonfirmasi). Pembaruan Google Fall Flux mungkin sudah terjadi pada tanggal ini. Glenn Gabe, presiden G-Squared Interactive, juga mendeteksi beberapa pergantian penting Google yang memengaruhi lalu lintas dan visibilitas pencarian mulai 8 September. Hal ini dibarengi oleh volatilitas dan fluktuasi suplemen pada tanggal 18, 25, dan 29 September, serta 4 Oktober 8, dan 12.

  • 12 Desember. Pembaruan Maccabees. Google mengonfirmasi beberapa perubahan kecil pada algoritma inti selama rentang waktu, tetapi meremehkan signifikansi era flux.


2018



  • 9 Maret. Pada tanggal 12 Maret, Google mengonfirmasi lewat Twitter bahwa “pembaruan algoritme inti luas” sudah diluncurkan minggu sebelumnya. Google menerangkan perubahan itu dimaksudkan untuk “menguntungkan halaman yang sebelumnya kurang dihargai,” dan menyarankan siapa saja untuk “terus menciptakan konten hebat.”

  • 16 April. Google mengonfirmasi melalui Twitter perihal rilis pembaruan algoritme inti luas lainnya, dan mengindikasikan bahwa itu seperti dengan pembaruan 9 Maret 2018, yang terkait dengan relevansi konten.

  • 1 Agustus. Google mengkonfirmasi melalui Twitter  untuk ketiga kalinya tahun ini peluncuran pembaruan inti algoritma yang luas.


 


Catatan: Akan diupdate jikalau ada perubahan


 



Sumber uy.com


EmoticonEmoticon