Minggu, 19 April 2020

Ki Kd Informatika K13 Kelas 10 Sma/Ma/Smk

Berikut ini kami bagikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 untuk Kelas 10 Sekolah Menengan Atas/MA/SMK.

Saya menyusunnya dalam bentuk tabel di bawah ini dengan tujuan semoga mudah untuk anda salin lalu di copy ke dalam microsft word.


Atau jika tidak maka mampu langsung anda baca dengan melalui perangkat ponsel pintar atau laptop kapan saja anda mau. Bagaimana sangat mudah sekali kan kawan.


Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan aktual,
konseptual, prosedural menurut
rasa ingintahunya wacana ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan pengetahuan
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan wawasan
prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan
persoalan.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah
absurd terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara
berdikari, bertindak secara efektif dan
inovatif, dan mampu memakai
metode sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Teknologi Informasi dan Komunikasi
3.1 Mengenal lebih dalam integrasi antar
aplikasi office (pengolah kata, angka,
penyajian).
4.1.1 Membuat laporan yang
membutuhkan integrasi objek
berupa teks, data dalam bentuk
angka maupun visualisasi
chart/grafik, gambar/foto.

4.2.1 Memakai fitur lanjut aplikasi office.
Teknik Komputer
3.2.1 Memahami interaksi antara
perangkat keras, perangkat lunak
dan pengguna.

3.2.2 Mengenal jenis-jenis persoalan
terkait penggunaan komputer yang
lebih kompleks dari sebelumnya.
4.2 Melakukan interaksi (transfer data,
tethering) antara dua atau lebih
perangkat yang berlawanan.
Jaringan Komputer/Internet
3.3 Mengenal jaringan komputer lebih
teknis.
4.3.1 Menjelaskan unsur jaringan
dan prosedur yang terjadi dalam
sebuah jaringan.

4.3.2 Menjelaskan jenis-jenis jaringan
komputer
Analisis Data
3.4 Memahami bahwa data dapat
dikoleksi secara kontinyu dan
otomatis lewat aneka macam perangkat.
4.4 Melakukan banyak sekali cara
pengumpulan data yang diterangkan di
kelas
3.5 Memahami aspek privasi dalam
pengumpulan data.
4.5 Mengambil dan mempublikasi data
dengan memerhatikan aspek privasi.
memanfaatkan fitur visualisasi dari
pengolah angka
3.6 Memahami data yang terkumpul
dalam jumlah banyak yang dapat
ditransformasi, digeneralisasi,
disederhanakan.
4.6 Memroses data dengan fitur lanjut
pemroses angka.
3.7 Mengenal banyak sekali cara visualiasi
data.
4.7 Memvisualisasikan data dalam
jumlah banyak serta menawarkan
interpretasi yang menurut
akal sehat dan prediksi data dengan
Algoritma dan Pemrograman
3.8.1 Mengenal notasi algoritma.

3.8.2 Mengenal struktur/templates
program dalam bahasa yang
diajarkan.

3.8.3 Memahami variabel, value,
konstanta, ekspresi dan aba-aba
input/output.

3.8.4 Memahami prosedur eksekusi kondisional dan loop.

3.8.5 Memahami struktur data dasar
(array sederhana).
4.8.1 Menulis acara sederhana
dengan satu program utama yang
memakai salah satu atau gabungan
dari wawasan 3.8.1 sampai
dengan 3.8.5

4.8.2 Mengkombinasikan struktur
kontrol dan mengenali karenanya,
berdasarkan dengan pengathuan
3.8.1 hingga dengan 3.8.5
Dampak Sosial Informatika
3.10.1 Mengenal Aspek sosial dari
penggunaan komputer.

3.10.2 Mengetahui bahwa desain dan
penggunaan teknologi dapat
memperbaiki kualitas hidup atau
memperburuk, bahkan
memperlebar kesenjangan untuk
mengakses isu.
4.10 Menunjukkan dan menerangkan
perkara-perkara sosial dari
implementasi produk TIK yang
menyebabkan imbas faktual
dan/atau negatif.

Berpikir Komputasional (Tematis)
3.11 Computational Thinking untuk
menuntaskan persoalan yang
lebih kompleks dari sebelumnya,
yang membutuhkan dekomposisi,
abstraksi dan representasi data,
serta berpola.
4.11 Memecahkan problem agak
kompleks yang membutuhkan
dekomposisi, abstraksi dan
representasi data serta berpola.
Praktik Lintas Bidang (Tematis)
3.12 Cross-Cut Component, Capstone
(Integrasi wawasan dan
keterampilan), Praktek
4.12.1 Membina Budaya kerja penduduk
digital dalam tim yang inklusif.

4.2.2 Berkolaborasi untuk melakukan
tugas dengan tema komputing.

4.12.3 Mengenali dan mendefinisikan
Persoalan yang pemecahannya
mampu didukung dengan komputer.

4.12.4 Mengembangkan dan
memakai abstraksi.

4.12.5 Mengembangkan Artefak
komputasional (produk TIK): Siswa
mampu menciptakan program
sederhana untuk menunjang
komputasi yang diperlukan di
pelajaran lain.

4.12.6 Mengembangkan planning
pengujian, Menguji dan
mendokumentasikan hasil uji
artefak Komputasional (produk
TIK).

4.12.7 Mengkomunikasikan suatu proses,
fenomena, solusi TIK dengan
mempresentasikan, memvisualisasikan serta
memerhatikan Hak kekayaan
intelektual.

Demikianlah isu perihal KI KD Informatika K13 Kelas 10 SMA/MA/SMK yang mampu kami sampaikan kepada anda semuanya.
Sumber https://panduandapodikmen.blogspot.com


EmoticonEmoticon