Berikut ini kami bagikan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Informatika Kurikulum 2013 untuk Kelas 10 Sekolah Menengan Atas/MA/SMK.
Saya menyusunnya dalam bentuk tabel di bawah ini dengan tujuan semoga mudah untuk anda salin lalu di copy ke dalam microsft word.
Atau jika tidak maka mampu langsung anda baca dengan melalui perangkat ponsel pintar atau laptop kapan saja anda mau. Bagaimana sangat mudah sekali kan kawan.
Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) | Kompetensi Inti 4 (Keterampilan) |
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan aktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan pengetahuan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan wawasan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan persoalan. | 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah absurd terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara berdikari, bertindak secara efektif dan inovatif, dan mampu memakai metode sesuai kaidah keilmuan. |
Kompetensi Dasar | Kompetensi Dasar |
Teknologi Informasi dan Komunikasi | |
3.1 Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi office (pengolah kata, angka, penyajian). | 4.1.1 Membuat laporan yang membutuhkan integrasi objek berupa teks, data dalam bentuk angka maupun visualisasi chart/grafik, gambar/foto. 4.2.1 Memakai fitur lanjut aplikasi office. |
Teknik Komputer | |
3.2.1 Memahami interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna. 3.2.2 Mengenal jenis-jenis persoalan terkait penggunaan komputer yang lebih kompleks dari sebelumnya. | 4.2 Melakukan interaksi (transfer data, tethering) antara dua atau lebih perangkat yang berlawanan. |
Jaringan Komputer/Internet | |
3.3 Mengenal jaringan komputer lebih teknis. | 4.3.1 Menjelaskan unsur jaringan dan prosedur yang terjadi dalam sebuah jaringan. 4.3.2 Menjelaskan jenis-jenis jaringan komputer |
Analisis Data | |
3.4 Memahami bahwa data dapat dikoleksi secara kontinyu dan otomatis lewat aneka macam perangkat. | 4.4 Melakukan banyak sekali cara pengumpulan data yang diterangkan di kelas |
3.5 Memahami aspek privasi dalam pengumpulan data. | 4.5 Mengambil dan mempublikasi data dengan memerhatikan aspek privasi. memanfaatkan fitur visualisasi dari pengolah angka |
3.6 Memahami data yang terkumpul dalam jumlah banyak yang dapat ditransformasi, digeneralisasi, disederhanakan. | 4.6 Memroses data dengan fitur lanjut pemroses angka. |
3.7 Mengenal banyak sekali cara visualiasi data. | 4.7 Memvisualisasikan data dalam jumlah banyak serta menawarkan interpretasi yang menurut akal sehat dan prediksi data dengan |
Algoritma dan Pemrograman | |
3.8.1 Mengenal notasi algoritma. 3.8.2 Mengenal struktur/templates program dalam bahasa yang diajarkan. 3.8.3 Memahami variabel, value, konstanta, ekspresi dan aba-aba input/output. 3.8.4 Memahami prosedur eksekusi kondisional dan loop. 3.8.5 Memahami struktur data dasar (array sederhana). | 4.8.1 Menulis acara sederhana dengan satu program utama yang memakai salah satu atau gabungan dari wawasan 3.8.1 sampai dengan 3.8.5 4.8.2 Mengkombinasikan struktur kontrol dan mengenali karenanya, berdasarkan dengan pengathuan 3.8.1 hingga dengan 3.8.5 |
Dampak Sosial Informatika | |
3.10.1 Mengenal Aspek sosial dari penggunaan komputer. 3.10.2 Mengetahui bahwa desain dan penggunaan teknologi dapat memperbaiki kualitas hidup atau memperburuk, bahkan memperlebar kesenjangan untuk mengakses isu. | 4.10 Menunjukkan dan menerangkan perkara-perkara sosial dari implementasi produk TIK yang menyebabkan imbas faktual dan/atau negatif. |
Berpikir Komputasional (Tematis) | |
3.11 Computational Thinking untuk menuntaskan persoalan yang lebih kompleks dari sebelumnya, yang membutuhkan dekomposisi, abstraksi dan representasi data, serta berpola. | 4.11 Memecahkan problem agak kompleks yang membutuhkan dekomposisi, abstraksi dan representasi data serta berpola. |
Praktik Lintas Bidang (Tematis) | |
3.12 Cross-Cut Component, Capstone (Integrasi wawasan dan keterampilan), Praktek | 4.12.1 Membina Budaya kerja penduduk digital dalam tim yang inklusif. 4.2.2 Berkolaborasi untuk melakukan tugas dengan tema komputing. 4.12.3 Mengenali dan mendefinisikan Persoalan yang pemecahannya mampu didukung dengan komputer. 4.12.4 Mengembangkan dan memakai abstraksi. 4.12.5 Mengembangkan Artefak komputasional (produk TIK): Siswa mampu menciptakan program sederhana untuk menunjang komputasi yang diperlukan di pelajaran lain. 4.12.6 Mengembangkan planning pengujian, Menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak Komputasional (produk TIK). 4.12.7 Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memerhatikan Hak kekayaan intelektual. |
Demikianlah isu perihal KI KD Informatika K13 Kelas 10 SMA/MA/SMK yang mampu kami sampaikan kepada anda semuanya. Sumber https://panduandapodikmen.blogspot.com
EmoticonEmoticon